Artikel Web Design
Sejarah (1988-2000)
Meskipun desain web memiliki sejarah yang lumayan baru,
dapat dikaitkan dengan daerah lain seperti desain grafis. Namun desain web juga
dipandang sebagai sudut pandang teknologi. Hal ini telah menjadi bagian besar
dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Sulit untuk membayangkan internet tanpa
grafis animasi, gaya yang berbeda dari tipografi, latar belakang dan musik.
Awal web dan desain web
Pada tahun 1989, sementara bekerja di CERN Tim
Berners-Lee mengusulkan untuk membuat hypertext proyek global, yang kemudian
menjadi dikenal sebagai World Wide Web. Sepanjang 1991-1993 World Wide Web
lahir. Teks halaman hanya dapat dilihat dengan menggunakan browser line-mode
sederhana. Pada tahun 1993 Marc Andreessen dan Eric Bina, menciptakan
browser Mosaic. Pada saat itu ada beberapa browser namun mayoritas mereka
adalah berbasis Unix dan secara alami teks berat. Tidak ada pendekatan terpadu
untuk elemen desain grafis seperti gambar atau suara. Browser Mosaic pecah
cetakan ini. W3C dibentuk pada Oktober 1994, untuk "memimpin World
Wide Web secara maksimal dengan mengembangkan protokol umum yang mempromosikan
evolusi dan memastikan interoperabilitas."Hal ini dianjurkan salah
satu perusahaan dari memonopoli browser kepatutan dan bahasa pemrograman, yang
bisa mengubah efek dari World Wide Web secara keseluruhan. W3C terus menetapkan
standar, yang hari ini dapat dilihat dengan JavaScript. Pada tahun 1994
Andreessen dibentuk Mosaic Communications corp. Yang kemudian dikenal sebagai
Netscape Communications Netscape 0.9 browser. Netscape menciptakan tag sendiri
HTML tanpa berkaitan dengan proses standar tradisional. Misalnya Netscape 1.1
menyertakan tag untuk mengubah warna latar belakang dan format teks dengan
tabel pada halaman web. Sepanjang 1996 hingga 1999 perang browser dimulai.
Perang browser melihat Microsoft dan Netscape pertempuran itu keluar untuk
dominasi browser yang tertinggi. Selama ini ada banyak teknologi baru di
lapangan, terutama Cascading Style Sheets, JavaScript, dan HTML Dinamis. Pada
keseluruhan kompetisi browser yang tidak mengarah pada kreasi positif dan
membantu desain web berkembang dengan pesat.
Evolusi desain web
Pada tahun 1996, Microsoft merilis browser pertama yang kompetitif, yang lengkap dengan fitur sendiri dan tag. Ini juga merupakan browser pertama yang mendukung style sheet, yang pada saat itu dilihat sebagai teknik authoring jelas. CSS diperkenalkan pada Desember 1996 oleh W3C untuk meningkatkan aksesibilitas web dan untuk membuat HTML semantik kode daripada penyajian. Tabel berbasis layout menjadi sangat populer karena mereka memberikan web designer lebih banyak pilihan untuk membuat website. Markup HTML untuk tabel pada awalnya untuk menampilkan data tabular. Namun desainer dengan cepat menyadari potensi dari apa elemen struktur mereka bisa menambah desain mereka. Mereka segera dibuat lebih rumit, multi-kolom layout dari HTML awalnya mampu. Namun kali ini memang melihat sedikit perhatian telah terbukti menuju ke semantik dan aksesibilitas web. Sebagai desain dan estetika yang baik tampaknya lebih diutamakan daripada yang baik mark-up struktur. Periode ini juga melihat spacer. GIF menjadi sangat populer untuk mengendalikan dimensi layout web. Situs HTML terbatas dalam pilihan desain mereka, terlebih lagi dengan versi sebelumnya dari HTML. Untuk membuat desain yang kompleks, banyak web designer harus menggunakan struktur tabel yang rumit atau bahkan menggunakan gambar kosong untuk spasi. Namun pada tahun 1996 Flash (awalnya dikenal sebagai FutureSplash) dikembangkan. Pada saat itu adalah sebuah alat tata letak yang sangat sederhana dasar dan garis waktu tetapi memungkinkan desainer web untuk melampaui titik HTML pada saat itu. Kini berkembang menjadi sangat kuat, memungkinkan untuk mengembangkan seluruh situs.
Akhir dari perang browser pertama
Selama tahun 1998 Netscape merilis kode Netscape
Communicator di bawah lisensi open source, memungkinkan ribuan pengembang untuk
berpartisipasi dalam meningkatkan perangkat lunak. Namun mereka memutuskan
untuk berhenti dan memulai dari awal, yang dipandu pengembangan browser open
source dan segera diperluas untuk platform aplikasi lengkap 2000. Merupakan
tahun besar bagi Microsoft. Internet Explorer telah dirilis untuk Mac, ini
adalah signifikan karena merupakan browser pertama yang sepenuhnya didukung
HTML 4.01 dan CSS 1, meningkatkan kemampuan dalam hal kepatuhan standar. Ini
juga merupakan browser pertama untuk sepenuhnya mendukung format gambar PNG. Selama waktu Netscape telah dijual kepada AOL dan ini dilihat sebagai
kerugian resmi Netscape untuk Microsoft dalam perang browser.
Peralatan dan teknologi
Desainer Web menggunakan berbagai alat yang berbeda
tergantung pada apa bagian dari proses produksi mereka terlibat masuk Alat ini
diperbarui dari waktu ke waktu oleh standar yang lebih baru dan perangkat lunak
tetapi prinsip-prinsip di belakang mereka tetap sama. Web desainer grafis
menggunakan vektor dan raster paket grafis untuk menciptakan citra web yang
diformat atau prototipe desain. Teknologi digunakan untuk membuat website
berisi hingga tanda standar yang dapat tangan kode atau dihasilkan oleh
perangkat lunak editing WYSIWYG. Ada juga perangkat lunak berpemilik
berdasarkan plug-in yang bypasses versi browser klien, ini sering WYSIWYG
tetapi dengan pilihan untuk menggunakan bahasa scripting perangkat lunak. Alat
mesin pencari optimasi dapat digunakan untuk memeriksa peringkat mesin pencari
dan menyarankan perbaikan.
Alat-alat lain web designer mungkin menggunakan termasuk
mark up validator dan alat pengujian lain untuk kegunaan dan aksesibilitas
untuk memastikan situs web mereka memenuhi pedoman aksesibilitas web.
Keterampilan dan teknik Tipografi
Biasanya website yang sukses hanya memiliki beberapa
tipografi yang dari gaya yang sama, daripada menggunakan berbagai tipografi.
Sebaiknya sebuah website harus menggunakan sans serif atau serif tipografi,
bukan kombinasi dari keduanya. Tipografi dalam website juga harus berhati-hati
jumlah tipografi yang digunakan, desain yang baik akan menggabungkan tipografi
yang sama beberapa daripada berbagai tipe wajah. Kebanyakan browser mengenali
sejumlah tertentu font aman, yang terutama menggunakan desainer untuk
menghindari komplikasi. Sebagian besar layout di situs memasukkan spasi putih
untuk memecah teks menjadi paragraf dan juga menghindari teks selaras pusat.
Tata letak halaman
Halaman Web harus ditata dengan baik untuk meningkatkan
navigasi bagi pengguna. Juga untuk tujuan navigasi, tata letak halaman situs
juga harus tetap konsisten pada halaman yang berbeda. Ketika membangun
situs, penting untuk mempertimbangkan lebar halaman karena hal ini sangat
penting untuk menyelaraskan obyek dan dalam desain tata letak. Situs paling
populer umumnya memiliki lebar dekat dengan 1024 piksel. Sebagian besar halaman
juga center aligned, untuk membuat objek terlihat lebih estetis pada layar yang
lebih besar.
Cairan layout dikembangkan sekitar tahun 2000, meskipun
sangat lambat untuk diadopsi, sebagai penolakan terhadap desain grid berbasis
baik sebagai prinsip desain, dan sebagai teknik pengkodean. Asumsi
aksiomatik adalah bahwa pembaca akan memiliki perangkat layar, atau jendela
atasnya, dengan ukuran yang berbeda dan bahwa tidak ada halaman desainer dapat
lakukan untuk mengubah hal ini. Dengan demikian, desain harus dipecah menjadi
unit (sidebars, blok konten, daerah iklan, navigasi daerah) yang dikirim ke
browser dan yang akan dipasang ke dalam jendela tampilan oleh browser, sebaik
mungkin. Sebagai browser tidak tahu rincian layar pembaca (ukuran jendela,
ukuran font relatif terhadap jendela dll) browser melakukan pekerjaan yang
lebih baik dari ini dari seorang desainer dugaan. Meskipun seperti tampilan
mungkin sering mengubah posisi relatif dari unit konten utama, sidebar dapat
mengungsi di bawah body text bukan ke sisi itu, ini biasanya tampilan yang
lebih baik dan terutama lebih bermanfaat daripada upaya kompromi untuk
menampilkan-keras kode grid yang jelas tidak sesuai dengan jendela perangkat.
Secara khusus, posisi relatif blok konten dapat berubah, tetapi setiap blok
terlalu terpengaruh. Usability juga lebih baik, terutama dengan menghindari
horisontal bergulir.
Web Desain responsif adalah pendekatan baru, berdasarkan
CSS3, dan tingkat yang lebih dalam per-spesifikas dalam stylesheet halaman,
melalui penggunaan disempurnakan CSS @ media pseudo-pemilih.
Kualitas kode
Ketika membuat situs itu adalah praktik yang baik agar
sesuai dengan standar. Ini termasuk kesalahan dalam kode, tata letak yang lebih
baik untuk kode serta memastikan ID dan kelas diidentifikasi dengan benar. Hal
ini biasanya dilakukan melalui deskripsi menentukan apa elemen lakukan. Tidak
sesuai dengan standar tidak dapat membuat sebuah situs web tidak dapat digunakan
atau rawan kesalahan, standar dapat berhubungan dengan tata letak yang benar
dari halaman untuk dibaca juga memastikan elemen kode ditutup tepat.
Memvalidasi melalui W3C hanya dapat dilakukan ketika sebuah deklarasi DOCTYPE
yang benar dibuat, yang digunakan untuk menyoroti kesalahan dalam kode. Sistem
ini mengidentifikasi kesalahan dan daerah yang belum sesuai dengan standar
desain web. Informasi ini kemudian dapat diperbaiki oleh pengguna.
Visual desain
Desain visual yang baik pada sebuah situs web
mengidentifikasi dan bekerja untuk target pasar itu. Ini bisa menjadi kelompok
usia tertentu atau untai budaya sehingga desainer harus memahami tren dari para
penonton. Desainer juga harus memahami jenis situs web mereka merancang,
berarti sebuah website bisnis tidak harus dirancang sama dengan situs media
sosial misalnya. Desainer juga harus mengerti pemilik atau bisnis situs ini
mewakili, untuk memastikan mereka digambarkan baik. Estetika atau desain
keseluruhan situs tidak harus berbenturan dengan konten, sehingga memudahkan
pengguna untuk menavigasi dan dapat menemukan informasi yang diinginkan atau
produk dll.
Pengguna pengalaman desain
Untuk pengguna untuk memahami sebuah situs web mereka
harus dapat memahami bagaimana situs web bekerja. Hal ini mempengaruhi
pengalaman mereka. Pengalaman pengguna berhubungan dengan tata letak, instruksi
yang jelas dan pelabelan di situs Web. Pengguna harus memahami bagaimana mereka
dapat berinteraksi di situs. Sehubungan dengan terus menggunakan, pengguna harus
merasakan kegunaan dari situs yang jika mereka ingin terus menggunakannya.
Dengan pengguna yang terampil dan berpengalaman dengan penggunaan situs web,
pengaruh ini berhubungan langsung dengan bagaimana mereka memandang website,
yang mendorong lebih lanjut penggunaan. Oleh karena itu pengguna dengan
pengalaman kurang cenderung melihat keuntungan atau kegunaan dari situs web.
Hal ini pada gilirannya harus fokus, di desain untuk penggunaan yang lebih
universal dan kemudahan akses untuk mengakomodasi pengguna sebanyak mungkin
terlepas dari keahlian pengguna.
Pekerjaan
Ada dua pekerjaan utama yang terlibat dalam menciptakan
sebuah situs web: web designer dan web developer, yang sering bekerja sama pada
sebuah situs web web designer bertanggung jawab untuk aspek visual, yang
meliputi tata letak, warna dan tipografi dari. halaman web. Seorang perancang
web juga akan memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan berbagai bahasa
seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP dan Flash untuk membuat situs, meskipun
tingkat pengetahuan mereka akan berbeda dari satu desainer web yang lain.
Terutama di organisasi kecil satu orang akan membutuhkan keterampilan yang
diperlukan untuk merancang dan pemrograman halaman web penuh, sementara
organisasi yang lebih besar mungkin memiliki web designer bertanggung jawab
untuk aspek visual saja.
Pekerjaan lebih lanjut, yang dalam keadaan tertentu
mungkin terlibat dalam proses pembuatan website meliputi:
a.
Desainer grafis, untuk menciptakan visual untuk situs
seperti logo, layout dan tombol
b.
Spesialis Internet Marketing, untuk membantu menjaga
keberadaan web melalui solusi strategis pada penargetan pemirsa ke situs,
dengan menggunakan teknik pemasaran dan promosi di internet.
c.
Penulis SEO, untuk penelitian dan merekomendasikan
kata-kata yang tepat untuk dimasukkan ke situs web tertentu dan membuat situs
web lebih mudah diakses dan ditemukan di search engine banyak.
d.
Internet Copywriter, untuk menciptakan konten yang
ditulis halaman untuk menarik pemirsa yang ditargetkan dari situs.
e.
Pengalaman Pengguna (UX) desainer, menggabungkan aspek
pertimbangan desain user terfokus yang meliputi arsitektur informasi, desain
user berpusat, pengujian pengguna, desain interaksi, dan desain visual yang
kadang-kadang.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_design
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_design
0 komentar:
Posting Komentar